Kamis, 05 Oktober 2017

PSBO PERTEMUAN KE-2

Rangkuman Pemodelan Berbasis Objek Pertemuan ke – 2.

“UML”
-       UML  (Unified Modeling Language) adalah tools untuk menggambarkan pengembanggan software atau sistem dan cocok untuk pemodelan berbasis objek.
-       Uml sangat membantu perusahaan - perusahaan dalam mencapai tujuan strategis mereka, sehingga mereka membentuk  sebuah konsorsium. Contoh perusahaan yang bergabung: Microsoft, Oracle, IBM, dll.

Konsep Dasar UML

-         Tiga elemen utama UML:
A.    Benda / things / objek
     Bentuk dari beberapa objek:
1.    Classes,  sekelompok dari  object  yang mempunyai  atribute, operasi,  dan hubungan yang semantik
2.    Interface, penghubung antara software dan komputer (perangkat lunak & keras)
3.    Collaboration, kumpulan dari kelas.
4.    Use cases, pembentuk tingkah laku objek dalam sebuah model
5.    Nodes, bentuk fisik dari elemen2

B.    Hubungan / Relationship
1.    Dependency, hubungan semantik antara dua objek yang mana bila satu objek berubah maka yg satu lainnya juga berubah.
2.    Association, hubungan antar benda secara struktural yg terhubung di antara objek dalam kesatuan objek.
3.    Generalizations, hubungan khusus dalam objek anak yg menggantikan objek induk (dari umum menjadi spesifik).
4.    Realizations, hubungan semantik antar pengelompokkan.

C.    Bagan / diagrams, menggambarkan permasalahan dan solusi dari permasalahan suatu model.
Uml mempunyai 9 diagram:
1.    Diagram Use Case, menggambarkan fungsi umum / utama dari sebuah software.
Contoh: microsoft word fungsi utamanya seperti mengolah kata, membuat desain, mengolah angka, mengolah gambar.
2.    Diagram Class, memberikan pandangan luas untuk semua system, mempunyai 3 macam relationship:
a.     Association
b.    Aggregation
c.     Generalization
3.    Diagram Package dan object, kumpulan elemen2 logika uml yang mempunyai tujuan untuk mengelompokkan diagram yg lebih kompleks.
4.    Diagram Sequence, salah satu diagram yang di atur berdasarkan waktu.
5.    Diagram Collaboration, kumpulan dari kelas2 yg saling terkait. Berfungsi membawa informasi yang sama dengan diagram  Sequence, namun hanya memfokuskan pada waktu mengirim informasi.
6.    Statechart, menggambarkan transisi dan perubahan keadaan. Tapi pada umumnya statechart menggambarkan class tertentu.
7.    Diagram Activity, berfokus pada aktifitas – aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu  proses tunggal.
8.    Diagram component, menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.
9.    Diagram Deployment, menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar